Minggu, 25 November 2018

Cara Mengatasi Sakit Maag Kronis Saat Hamil Yang Aman

Tags

Cara Mengatasi Sakit Maag Kronis Saat Hamil Yang Aman ,- Meskipun sakit maag pada kehamilan sangat jarang terjadi, namun wanita yang menderita maag sebelum hamil memiliki resiko yang lebih besar.

Dimana seperti yang telah kita ketahui, bahwa sakit maag ini umumnya disebabkan oleh infeksi dan bakteri H. pylori. Selain itu, untuk sakit maag pada ibu hamil di sebabkan oleh perubahan hormon dan pertumbuhan janin.

Ibu hamil bisa mengalami kekurangan nutrisi selama kehamilan karena tidak bisa makan dengan baik dan bisa menjadi penyebab berat badan bayi tidak naik atau resiko kelahiran prematur, terlebih jika kondisi morning sickness pada trimester pertama.

Untuk gejalanya sendiri, dimana sakit maag pada ibu hamil sangat beragam diantaranya bisa berupa :
  • Perut kembung
  • Mual dan muntah
  • Mulas
  • Perut terasa kenyang meski hanya makan sedikit
  • Sering sendawa
  • Nyeri pada ulu hati hingga area sekitar dada
Tentunya, keluhan-keluhan diatas akan terasa sangat menganggu terlebih bagi ibu hamil. Maka untuk itu, bagi anda yang saat ini mulai merasakan beberapa gejala diatas ada baiknya segera lakukan penanganan yang cepat.

Rekomendasi Cara Mengatasi Sakit Maag Kronis Saat Hamil Yang Aman


Melakukan perubahan gaya hidup merupakan langkah awal yang bisa anda lakukan untuk mengatasi sakit maag saat hamil, dimana cara tersebut diantaranya :

  • Ubah kebiasaan makan

Pada saat hamil sangat disarankan untuk mengubah kebiasaan makan sebelumnya, dimana lebih disarankan untuk makan dalam porsi kecil namun sering.

  • Jangan Merokok

Ada baiknya ibu hamil tidak boleh merokok, karena rokok tidak hanya bisa menyebabkan kerusakan janin juga bisa menganggu perkembangan janin dan penyakit paru-paru untuk ibu nya.

  • Perhatikan Makanan Yang Dikonsumsi

Guna untuk mencegah terjadinya sakit maag kronis, maka ibu hamil sangat disarankan untuk selalu memerhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsinya.

  • Gunakan Bawang Putih

Mengingat bahwa sakit maag ini disebabkan oleh infeksi bakteri H. pylori yang bisa menimbulkan adanya luka pada lambung atau usus, maka hal ini sering menyebabkan sakit maag menjadi terasa lebih sakit dan membuat ibu hanil tidak bisa makan dengan baik. Dimana untuk mengatasi hal tersebut, anda bisa mencoba menggunakan bawang putih.

  • Atur Posisi Tidur Dengan Baik

Jika sakit maag yang anda alami sering kambuh, terutama pada malam hari maka di sarankan untuk berbaring dengan posisi kepada lebih tinggi sekitar 10-15 cm, dimana anda bisa menggunakan beberapa bantal untuk mengganjalnya.

Nah itulah beberapa tips mengenai cara mengatasi sakit maag kronis saat hamil, semoga beberapa cara tersebut bisa membantu anda dalam mengatasi sakit maag agar tidak kambuh kembali.

sponsor by : 


EmoticonEmoticon