Jumat, 21 Desember 2018

Makanan Untuk Penderita Maag Kronis Yang Sebaiknya Dikonsumsi

Tags

Selain mengkonsumsi obat maag kronis, mengatur pola makan juga sangat penting. Mengingat bahwa penyebab utama terjadinya maag kronis adalah akibat pola makan yang tidak sehat dan berikut makanan untuk penderita maag kronis yang sebaiknya dikonsumsi.

" Makanan Untuk Penderita Maag Kroni "

Sakit maag merupakan suatu kondisi dimana lambung mengalami peradangan. Dimana kondisi ini disebabkan oleh beberapa hal seperti akibat luka terbuka yang muncul di lapisan dalam lambung (tukak lambung), infeksi bakteri Helicobacter pylori dan akibat stres berkepanjangan.

Dimana penyakit ini termasuk kategori penyakit yang cukup banyak ditemui dalam masyarakat, bahkan menurut data yang dicatat oleh Badan Kesehatan Dunia ( WHO ) pada tahun 2018, bahwa tingkat kejadian sakit maag di Indonesia mencapai 40.8 persen.

Terjadinya perut mulas akibat kenaikan asam lambung ke kerongkongan menjadi gejala paling umum dirasakan oleh penderita sakit maag. Selain itu, adapun gejala lain dari sakit maag yang bisa timbul yakni berupa sensasi sulit menelan, mual dan muntah serta sensasi terbakar di tenggorokan.

Perlu anda ketahui, bahwa kenaikan asam lambung bisa berubah menjadi kronis jika terus berlanjut 2-3 kali setiap minggu, dimana kondisi ini disebut dengan GERD.

Namun yang perlu anda lakukan sekarang adalah melakukan tindakan penanganan dan pengobatan yang serius, karena jika tidak segera diatasi kondisi ini bisa menimbulkan komplikasi yang berbahaya.

Disamping melakukan tindakan pengobatan, anda juga dianjurkan untuk tetap menjaga pola hidup sehat, salah satunya adalah dengan memperhatikan pola makan sehat karena tidak semua jenis makanan bisa dikonsumsi oleh penderita sakit maag kronis.

Daftar Makanan Untuk Penderita Maag Kronis Yang Sebaiknya Dikonsumsi


Dan berikut ini adalah beberapa makanan yang baik dikonsumsi oleh penderuta sakit maag kronis, guna untuk meredakan gejala dan membantu proses penyembuhan diantaranya :

  • Roti

Ada baiknya anda mengkonsumsi roti yang terbuat dari gandum whole wheat atau whole grain yang belum diproses karena di dalamnya terdapat kandungan serat, vitamin dan nutrisi lainnya sehingga sangat baik dikonsumsi oleh anda penderita sakit maag kronis.

  • Oatmeal

Mengkonsumsi oatmeal tidak hanya dipercaya mampu melindungi dan menyangga lapisan perut anda, namun mengkonsumsi makanan yang satu ini juga bisa meredakan gejala sakit maag kronis.

  • Pisang Dan Melon

Kedua buah tersebut memiliki tingkat kaasaman yang rendah sehingga kedua buah ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh mereka yang saat ini tengah menderita sakit maag kronis.

  • Seledri 

Ternyata, seledri hampir tidak memiliki kalori karena kandungan airnya sangat tinggi dan merupakan pilihan terbaik jika sakit maag kronis.

  • Lidah Buaya
Menurut hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa lidah buaya atau aloe vera ini bisa mengurangi resiko sakit maag dan mencegah produksi asam lambung berlebih, karena di dalam lidah buaya ini terdapat antiradang, antimikroba dan antioksidan.

  • Sayuran Hijau

Mengkonsumsi sayuran hijau sangat dianjurkan untuk anda penderita sakit maag karena dipercaya mampu membantu mengurangi timbulnya asam lambung. Dimana yang termasuk ke dalam sayuran hijau yakni brokoli, asparagus, kembang kol, kacang panjang, bayam dan mentimun.

  • Daging

Sebagian besar daging seperti unggas dan ikan bisa dikonsumsi oleh penderita sakit maag, karena jenis daging tersebut termasuk daging tanpa lemak.

Nah itulah beberapa jenis makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita sakit maag kronis, agar penyakit yang di derita tidak bisa menimbulkan keparahan dan penyembuhan penyakit yang di lakukan bisa berjalan berjalan dengan maksimal.

Terimakasih atas kunjungannya, semoga apa yang kami sampaikan pada kesempatan kali ini bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda serta bisa menambah wawasan pengetahuan anda.


EmoticonEmoticon